FIRST DRIVE: Mercedes-Benz New E 350 EQ Boost AMG Line 2019

Mercedes-Benz Indonesia mengadakan helatan tahunan bernama Weekend Test Drive yang kali ini diadakan di Cofftea House di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada pekan lalu. Acara ini digelar khusus untuk memberikan pengalaman uji coba beragam model terbarunya kepada publik dan merasakan teknologi terbaru bernama EQ Boost. Salah satunya Mercedes-Benz E 350 EQ Boost AMG Line lansiran terbaru.

Kali ini, OtoDriver mendapatkan kesempatan untuk menjajal New E 350 EQ Boost AMG Line 2019 tersebut. Pada acara ini trek yang disajikan cukup memadahi sehingga kami cukup puas untuk menjajal mesin terbarunya dan menikmati kenyamanan mobil ini. Kini jantung pacu yang digunakan yakni 4-silinder berkapasitas 2.000 cc turbo dengan teknologi mild hybrid yakni EQ Boost sistem listrik onboard 48 volt.

 

Meski kapasitas mesin menjadi kecil, tenaga E-Class terbaru ini diklaim sebesar 299 dk dengan torsi 400 Nm. Akselerasi terasa enteng akibat bantuan dari motor listrik. Kemudian untuk menggerakkan roda belakang, mobil ini menggunakan transmisi otomatis 9G-TRONIC 9-percepatan.

Lanjut ke bagian eksterior, menurut kami desainnya tetap mempertahankan sisi mewah dan seksi seperti pendahulunya. Pada bagian wajah, E-Class lansiran terbaru ini sudah dilengkapi dengan Multibeam LED Headlight

 

Kemudian karena ini varian dengan trim AMG Line, maka unit sudah dilengkapi dengan beberapa sentuhan sporti dari AMG seperti body kit dan velg model 5-twin spoke berukuran R19 inci. Hanya pada varian ini, terdapat warna merah.

Saat masuk kedalam ruang kendali, kami disambut dengan dua layar widescreen beresolusi tinggi berukuran 12,3 inci pada bagian dashboard, ambient lighting kabin dengan pilihan 64 warna berbeda dan sudah dilengkapi fitur sistem parkir otomatis Parking Pilot. Pembeda paling jelas pada interior yakni jenis kulit yang digunakan untuk melapis jok yaitu kulit Nappa. Menurut pabrikannya, bahan Nappa sebelumnya hanya digunakan untuk flagship sedan mereka, S-Class.

 

Ketika sedan ini dijalankan, kekedapan ruang kabin tidak perlu diragukan karena sangat sunyi. Selain itu, saat melakukan manuver slalom, E 350 EQ ini memiliki rasa bantingan suspensi dan grip yang mampu menjaga kestabilan mobil dengan baik.

Saat mencoba akselerasi, sistem mild hybrid yang tadi sudah disebutkan terasa membantu meminimalisir lag turbo pada putaran rendah.

 

Kesimpulan

Bisa dibilang New Mercedes-Benz E350 EQ Boost AMG Line ini cocok dimiliki oleh segmen papan atas untuk dipakai harian, walaupun masih terdapat model S-Class kalau mau lebih mewah dan pastinya lebih nyaman.

Kemudian untuk desain eksteriornya, E350 EQ Boost AMG Line ini terlihat mewah namun tetap ada unsur sporti berkat body kit AMG dan pelek model bintang. Di samping itu, mengendarai mobil ini juga terasa fun to drive.

 

Kelebihan

1. Posisi mengemudi yang sangat ergonomis karena terdapat banyak setting yang bisa kita sesuaikan 

2. Walau mesin berkapasitas kecil, namun akselerasi yang dihasilkan cukup beringas

 

Kekurangan

1. Bantingan cukup keras akibat pelek besar dan ban tipis

2. Pada sistem infotaintment belum mengusung sistem MBUX seperti A-Class terbaru